Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Agung-2023, Polres Bandara Siap Amankan Mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1444H

Featured News Lainnya Sat Binmas Sat Intelkam Sat Lantas Sat Reskrim Sat Resnarkoba Sat Sabhara SPKT
216 Dilihat

Polres Bandara- Kepolisian Resor Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1444H di halaman Mapolres setempat, senin (17/4/23). Bertindak selaku Inspektur Upacara (irup) Kapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai AKBP Ida Ayu Wikarniti, S.E. dengan peserta upacara seluruh personil Polres Bandara yang terseprin Ops Ketupat Agung-2023.

Kapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai AKBP Ida Ayu Wikarniti, S.E. saat membacakan amanat tertulis Kapolri mengatakan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H,”katanya.

Kerja keras bersama pada pengamanan mudik lebaran tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Berdasarkan Survei Indikator periode 5 s.d. 10 Mei 2022, terdapat 73,8% masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022. Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat, sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik.

“Oleh sebab itu, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan

secara lebih optimal, melalui operasi terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 (empat

belas) hari sejak 18 April hingga 1 Mei 2023. Dimana operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10 s.d. 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 s.d. 9 Mei 2023,”ujarnya.

Berbagai langkah dalam Operasi Ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik, sehingga kita dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu pula pada saat arus balik.

Beberapa penekanan yang disampaikan Bapak Kapolri untuk kita dipedomani dan dilaksanakan antara lain:  Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan

pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua. Kedua, kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan boddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan ”Presisi” sebagaimana harapan masyarakat.

Selanjutnya, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang

lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal. Keempat, berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat. Kemudian pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan  dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. Dan yang Keenam, perkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023. (hum23)